Hari Malaria Sedunia 2019

“Zero malaria starts with me”

Kampanye “Zero malaria starts with me” menjadi tema utama yang diangkat di Hari Malaria Sedunia tahun ini. Hari Malaria Sedunia ditetapkan melalui sidang kesehatan dunia World Health Organization (WHO) oleh World Health Assembly (WHA), pada tanggal 23 Mei 2017 di Jenewa, Swiss, yang dihadiri oleh 192 negara anggota WHO. Ditetapkannya Hari Malaria Sedunia ini merupakan salah satu upaya untuk mensosialisasikan pendidikan dan pemahaman akan penyakit malaria.

Berdasarkan data World Malaria Report yang terbaru dari WHO, tidak terjadi peningkatan yang signifikan terhadap penurunan kasus malaria sepanjang periode tahun 2015 hingga 2017. Perkiraan jumlah kematian akibat malaria di tahun 2017 mencapai 435,000 jiwa. Jumlah tersebut tidak berbeda jauh untuk tahun-tahun berikutnya.

Upaya pencegahan dan pemberantasan malaria harus terus ditingkatkan secara global, mengingat beberapa tahun belakangan ini kasus malaria masih memakan banyak korban. Pada Hari Malaria Sedunia 2019 ini, WHO bekerjasama dengan RBM Partnership untuk memberantas malaria, bersama dengan African Union Commisions, dan organisasi lainnya untuk mempromosikan “Zero malaria starts with me”. Zero malaria starts with me adalah kampanye global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan pemberantasan penyakit malaria melalui beberapa tindakan seperti menempatkan malaria pada salah satu agenda politik tertinggi, memobilisasi tambahan sumber daya, dan memberdayakan masyarakat agar memiliki rasa tanggung jawab untuk dapat bersama-sama memberantas malaria.