Fun Fact Lalat

Fakta Unik dan Cara Pengendalian Lalat

Temukan artikel menarik mengenai fakta unik dan cara pengendalian lalat

Print page

Penyakit apa saja yang bisa ditularkan dengan perantara lalat ?

 

Melansir Buku Ilmu Kedokteran Pencegahan & Komunitas (2009) karya Dr. Budiman Chandra, diterangkan bahwa agen penyakit yang paling banyak ditularkan melalui arthropoda adalah bakteri enterik yang ditularkan oleh lalat rumah. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat rumah, di antaranya yakni:

  1. Demam tifoid yaitu penyakit infeksi akut usus halus yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhoid
  2. Diare atau mencret merupakan kondisi ketika seseorang mengalami buang air besar lebih sering dari biasanya.
  3. Kolera yaitu penyakit diare akut akibat infeksi bakteri yang bernama Vibrio cholerae.
  4. Gastroenteritis yaitu gejala muntah dan diare akibat infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama lambung.
  5. Amebiasis yaitu suatu infeksi usus besar dan infeksi hati yang disebabkan oleh parasit Entamoeba histolytica.
  6. Infestasi helmintik yaitu sutu infeksi cacing pada tubuh manusia
  7. Patek atau puru yaitu suatu infeksi bakteri jangka panjang (kronis) yang paling sering mengenai kulit, tulang, dan sendi.
  8. Polio yaitu penyakit saraf yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf motorik.
  9. Konjungtivitis yaitu peradangan bagian putih mata (sklera) dan bagian dalam kelopak mata
  10. Trakoma yaitu infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis
  11. Antraks adalah penyakit langka yang disebabkan oleh bakteri pembentuk spora Bacillus anthracis. 

Source: Kompas.com dengan judul "12 Penyakit yang Dapat Ditularkan Lalat"


 Program pengendalian apa saja yang efektif untuk mengendalikan lalat ?

Beberapa program pengendalian lalat yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengurangi populasi lalat yang berada di area sekitar kita antara lain :

  • Program cleaning dan sanitasi yang bertujuan untuk menghilangkan sumber perkembangbiakan, sumber makanan dan juga mengurangi potensi sisa sisa makanan atau kotoran yang menyebabkan ketertarikan lalat untuk mendatangi suatu area yang disebabkan karena aroma atau bau yang mengundang lalat
  • Program proofing yaitu suatu cara untuk mencegah lalat masuk ke suatu area dengan cara menutup akses masuk lalat.  Motode yang biasa dilakukan antara lain dengan pemasangan kawat kasa, plastic kurtain, air curtain dan menjaga agar pintu atau jendela senantiasa dlam kondisi tertutup.
  • Pengunaan peralatan peralatan mekanik untuk mengendalikan lalat antara lain lampu perangkat lalat dan lem perangkap lalat.
  • Pengendalian lalat secara biologi misalnya dengan menggunakan fungi atau cendawan yang bersifat entomopathogenic.
  • Pengandalian secara kimia yaitu dengan menggunakan pestisida.

Bagaimana perkembangan pestisida yang bisa digunakan dalam program pengendalian lalat ?

Berbicara tentang penggunaan pestisida untuk mengendalikan lalat maka banyak sekali jenis yang bisa digunakan mulai dari larvasida yaitu untuk mengendalikan larva (belatung) ataupun untuk mengendalikan serangga dewasa (adultisida)

Perkembangan pestisida dalam pengendalian lalat maka dalam beberapa tahun terakhir terdapat trend yang cukup menarik dan berguna untuk mempermudah dan meningkatkan efektivitas pengendalian lalat yaitu dengan mengkombinasikan pheromone dan bahan aktif pestisida.

Apa yang dimaksud dengan feromon?

Feromon merupakan zat kimia yang dihasilnya dari tubuh organisme hidup dan mampu memengaruhi respons sosial dan seksual organisme lainnya.

Khusus untuk serangga, saat ini ada lebih dari 1600 feromon dan saat ini sudah bisa dibuat dalam jumlah besar secara sintetis. Feromon sintetis ini banyak dipakai untuk dijadikan perangkap serangga.

Apa yang dimaksud dengan bahan aktif pestisida ?

Bahan aktif pestisida merupakan salah satu kandungan dalam pestisida yang menjadi komponen utama yang digunakan untuk mengendalukan atau membunuh hama penyakit.

Apa saja keuntungan menggunakan pestisida yang menggabungkan bahan aktif pestisida dengan feromon dalam kaitannya dengan pengendalian lalat secara kimia dengan menggunakan pestisida ?

Dengan menggabungkan bahan aktif dan feromon maka beberapa keuntungan yang bisa didapat antara lain :

  1. Efficiency waktu.  Hal ini didapat karena pada saat melalukan aplikasi pestisida yang mengadung kombinasi feromon dan bahan aktif maka tidak perlu melakukan aplikasi terhadap seluruh area dimana lalat banyak ditemukan.  Aplikasi cukup dilakukan dibeberapa titik tertentu sebagai titik pengumpanan.  Sangat efektif karena lalat akan tertarik dengan adanya kandungan feromon pada area yang diaplikasikan dan selanjutnya dimatikan dengan bahan aktif yang terkandung didalamnya.

  2. Efisiensi biaya karena tidak seluruh area diaplikasi maka secara otomatis jumlah pestisida yang digunakan juga menjadi lebih sedikit.  Hal yang sama juga dengan biaya tenaga kerja menjadi lebih sedikit jumlah tenaga kerja atau waktu yang dibutuhkan sehingga upah pekerjaan menjadi lebih sedikit

  3. Mengurangi potensi kontaminasi.  Dengan aplikasi pestisida hanya pada titik titik tertentu maka jumlah pestisida yang diaplikasikan kelingkungan menjadi lebih sedikit dan lebih focus dititik titik tertentu sehingga mengurangi potensi pencemaran.

  4. Meningkatkan efektifitas pengandalian.  Lalat merupakan serangga terbang yang sangat lincah dengan mobilitas yang sangat tinggi.  Mengenadalikan lalat hanya dengan mengandalkan kepada pestisida yang harus kontak dengan lalat maka akan sangat kurang efektif karena belum tentu lalat akan kontak dengan permukaan area yang kita lakukan treatment.  Berbeda jika pestisida yang diaplikasikan tersebut mengandung feromon maka lalat justru akan tertarik dan terlokalisir untuk mengumpul di area teretntu yang diaplikasikan tersebut dan lalu dikendalikan secara efektif dengan bahan aktif yang tergantung didalamnya.

Apakah pestisida kombinasi feromon dan bahan aktif sudah dipasarkan ?

Saat ini pestisida kombinasi antara bahan aktif dan feromon sudah dipasarkan untuk mengendalikan lalat.  Salah satu produk yaitu umpan lalat QuickBayt dan jika anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Quickbayt maka bisa menghubungi perwakilan Bayer terdekat dengan klik Info Pembelian.