Nyamuk Malaria

Nama Umum:

Nyamuk Malaria

Kategori Spesies:

Serangga Terbang

Famili:

Culicidae

Ringkasan


Deskripsi:

Mencakup 4 spesies :
Anopheles balabacensis
Anopheles gambiae
Anopheles stephensi
Anopheles maculatus


Nyamuk dewasa memiliki tubuh langsing yang terbagi menjadi tiga bagian: kepala, dada, dan perut. Kepala digunakan untuk makan dan memperoleh informasi sensorik, terkadang thorax digunakan untuk bergerak, dan perut untuk pencernaan makanan dan pengembangan telur.

Nyamuk Anopheles dapat diidentifikasi dengan posisi istirahat khas mereka di mana perut mereka tetap di udara sejajar dengan permukaan di mana mereka beristirahat.

Perilaku:

Sebagin besar nyamuk Anopheles aktif saat senja dan fajar, dan ada pula yang aktif di malam hari. Mereka adalah serangga terbang yang lemah dan menjadi tidak aktif dalam kondisi berangin.

Hanya nyamuk betina yang menghisap darah untuk pengembangan telur. Nyamuk ini dapat menghasilkan sekitar 50-200 butir telur per oviposisi. Telur diletakkan secara tunggal di atas air dan akan menetas dalam waktu 2-3 hari. Dalam kondisi tropis, dibutuhkan 10-14 hari untuk perkembangan telur menjadi dewasa.

Nyamuk betina dapat hidup sampai satu bulan sedangkan nyamuk jantan dapat hidup sampai satu minggu.

Penyebaran:

Ditemukan di seluruh dunia kecuali Antartika.

Habitat:

Tahap larva dan pupa yang beraktivitas pada lingkungan berair. Tempat perkembangbiakan mungkin sangat kecil - kolam air dekat dengan rumah atau sungai di dekatnya. Nyamuk yang paling sering ditemukan di luar rumah, berdekatan dengan tempat aktivitas.

Resiko:

Selain menjadi hama, nyamuk Anopheles betina dapat menularkan penyakit yang mengancam jiwa terutama Malaria ketika memakan korbannya.

Produk yang dapat digunakan:

Ficam 80 WP dan Solfac 10 WP

Recommended products

Insektisida

Solfac® 10WP

Wettable Powder

Solfac® WP 10 adalah insektisida piretroid untuk...

Selanjutnya

Masalah Lain

Mosquitoes - Aedes Caspius

Nyamuk Aedes

Nyamuk Aedes - K-Othrine 20 EW

Lihat Hama
Mosquito

Nyamuk Rumah

Nyamuk Rumah - Culex

Lihat Hama
Mosquitoes - Anopheles Macu

Nyamuk Malaria

Nyamuk Malaria - Anopheles

Lihat Hama