Nyamuk Rumah

Nama Umum:

Nyamuk Rumah

Kategori Spesies:

Serangga Terbang

Famili:

Culicidae

Ringkasan


Deskripsi:

2 jenis spesies :
Culex pipiens (Common House Mosquito)
Culex quinquefaciatus (Southern House Mosquito)

Nyamuk dewasa rata-rata memiliki panjang 4-8mm; tidak melebihi 16mm. Kepala menerima semua informasi sensorik dan fitur belalai menggigit betina. Sayap dapat terbang untuk waktu yang lama dan mereka menciptakan suara khas yang sering menunjukkan kehadiran mereka.

Perilaku:

Nyamuk ini menyukai cuaca hangat tetapi beristirahat selama cuaca sangat panas. Mereka aktif mulai dari senja hingga fajar.

Nyamuk ini tertarik pada makanan walaupun pada jarak jauk yang disebabkan dengan adanya :
• Cahaya
• CO2
• Bau

Mereka adalah serangga terbang yang lemah dan menjadi tidak aktif dalam kondisi berangin.

Hanya nyamuk betina yang menggigit, membutuhkan darah untuk mendapatkan nutrisi untuk perkembangan telurnya. Nyamuk jantan bertahan hidup dengan menghisap nektar dan zat manis lainnya. Ketika nyamuk betina menggigit, mereka menyuntikkan air liur dengan anti-koagulan untuk mencegah pembekuan darah dan memblokir belalai mereka. Nyamuk betina menyimpan banyak berat badan dari darah inangnya.

Penyebaran:

Biasanya pada daerah beriklim hangat, nyamuk rumah tersebar luas di Malaysia.

Habitat:

Tahap larva dan pupa yang beraktivitas pada lingkungan berair. Tempat perkembangbiakan mungkin sangat kecil - kolam air dekat dengan rumah atau sungai di dekatnya. Nyamuk yang paling sering ditemukan di luar rumah, berdekatan dengan tempat aktivitas.

Mereka akan menempuh jarak jauh mencari makanan atau lokasi yang baik untuk bertelur. Nyamuk betina kemudian akan masuk ke dalam sebuah ruangan dan sering kali menyerang korban saat mereka beristirahat.

Resiko:

Nyamuk dapat menjadi hama pengganggu dengan gigitannya tapi beberapa dapat menyebabkan reaksi alergi dan menyebabkan infeksi sekunder ketika mengenai korban yang tergores luka.

Nyamuk betina bertindak sebagai vektor dan dapat menularkan penyakit yang mengancam jiwa seperti virus West Nile, filariasis (elephantitis), dan ensefalitis.

Produk yang dapat digunakan:

Solfac 10 WP

Recommended products

Insektisida

Solfac® 10WP

Wettable Powder

Solfac® WP 10 adalah insektisida piretroid untuk...

Selanjutnya

Masalah Lain

Mosquitoes - Aedes Caspius

Nyamuk Aedes

Nyamuk Aedes - K-Othrine 20 EW

Lihat Hama
Mosquitoes - Anopheles Macu

Nyamuk Malaria

Nyamuk Malaria - Anopheles

Lihat Hama
Mosquito

Nyamuk Rumah

Nyamuk Rumah - Culex

Lihat Hama