Semut Pharaoh

Nama Umum:

Semut Pharaoh

Kategori Spesies:

Semut

Nama Ilmiah:

Monomorium pharaonis

Famili:

Formicidae

Ringkasan


Deskripsi:

Semut kecil berwarna kuning-kecoklatan dengan mata berwarna hitam yang berkembang biak dengan baik. Semut pekerja cenderung memiliki panjang 1,5 – 2 mm, sedangkan semut jantan lebih panjang dengan ukuran 3 mm dan berwarna hitam gelap dan bersayap. Semut ratu memiliki panjang tubuh 3,6 – 5 mm, berwarna merah gelap dan bersayap.

Perilaku:

Ada beberapa ratu dalam satu sarang (poligenik). Sayap Semut Pharaoh tidak dapat terbang. Ratu dapat dipertukarkan, sehingga koloni dapat bertahan hidup. Mengganggu, bila sarang dihancurkan, ada kemungkinan kuat bahwa akan muncul koloni baru.

Serangga sosial hidup dalam koloninya sekitar 300.000 semut. Semut dapat bertahan hidup pada suhu rendah untuk periode berkepanjangan dimana para pekerja terus mencari makanan.

Penyebaran:

Tersebar luas di seluruh Malaysia, Singapura dan Brunei, mereka perlu suhu hangat, kondisi lembab yang berarti bahwa di wilayahnya mereka terbatas pada bangunan dan sering ditemukan di rumah sakit.

Habitat:

Infestasi ditemukan di berbagai lokasi termasuk perumahan blok, hotel, rumah sakit, kebun binatang, dan on-board kapal. Dalam iklim hangat, infestasi bahkan dapat ditemukan di mana-mana.

Serangga menempatkan diri mereka dalam struktur bangunan (void dinding, jendela dan lain-lain) atau dalam tanaman dan persediaan yang steril. Mereka dapat menyebar melalui saluran (misalnya saluran listrik). Semut ini juga ditemukan pada air di sekitar wastafel dan daerah kondensasi.

Semut ini menyukai daging, keju, lemak, gula, madu, selai dll. Di rumah sakit, mereka akan memakan darah dan cairan intravena. Serangga mati, tikus dan kotoran juga dapat memberikan sumber makanan.

Resiko:

Bahan-bahan sering dirusak oleh kunyahan konstan semut ini dengan rahang mereka yang kuat. Mereka bahkan dapat menembus kantong plastik yang berisi pembalut steril dan instrumen di rumah sakit.

Semut Pharaoh menimbulkan risiko bagi kesehatan seperti organisme patogen dapat ditularkan ketika semut makan di tempat-tempat yang tidak higienis termasuk saluran air, sampah atau pembalut bahkan pada luka.

Produk yang dapat digunakan:

Maxforce Quantum 0,03 RB

Recommended products

Insektisida

Maxforce® Quantum 0,03 RB

Contact Liquid or Gel

MaxForce® Quantum 0,03RB adalah umpan siap pakai untuk...

Selanjutnya

Masalah Lain

Ghost Ant

Semut Ghost

Semut Ghost

Lihat Hama
Pharaoh Ant

Semut Pharaoh

Lihat Hama